Susu Kedelai dan Manfaat Utamanya Untuk Tubuh

1 April 2013 | 09:36

Susu kedelai banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya tidak kalah enak dengan susu sapi. Susu kedelai mampu memberikan efek positif bagi kesehatan kita. Ini dia manfaatnya:

Susu kedelai

  • Menurunkan kolesterol. Susu kedelai berbeda dengan susu sapi, kandungan lemak susu kedelai sebagian besar non kolesterol dan tak jenuh. Hal ini berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda berfungsi untuk menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Jadi, ketika kita mengkonsumsi susu ini secara rutin akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Menurunkan berat badan. Susu kedelai hanya mengandung 7 gram gula, berbeda dengan susu sapi yang mempunyai kandungan sampai 12 gram gula. Ini pulalah yang menyebabkan jumlah kalori dalam satu cangkir susu kedelai lebih sedikit jika dibandingkan dengan kandungan susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang mampu menghambat penyerapan lemak di dalam usus. Selain itu dengan mengkonsumsi susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama.
  • Mampu mencegah kanker prostat. Hal ini sesuai dengan kandungan di dalam susu kedelai, yaitu phytoestrogen yang merupakan hormon tanaman yang bisa menghambat produksi hormone testosteron pada pria. Jika kadar testosterone bisa berkurang secara signifikan, maka resiko kanker prostat pun bisa dicegah. Jadi, tidak hanya perempuan yang bagus untuk mengkonsumsi susu ini tetapi pria juga bagus mengkonsumsinya secara rutin untuk mengurangi resiko kanker prostat.
  • Menopause terasa lebih nyaman. Produksi hormon estrogen pada perempuan akan menurun secara drastis ketika mengalami menopause. Dan penurunan dalam skala yang sangat banyak ini akan membawa dampak buruk terhadap tubuh perempuan, yaitu munculnya beberapa penyakit baru seperti diabetes, jantung dan obesitas. Selain itu, perempuan yang sedang dalam masa-masa ini akan lebih rentan marah, depresi dan gangguan psikologis yang lain. Jadi, dengan mengkonsumsi susu kedelai, Anda akan mampu menggantikan hormone estrogen dengan phytoestrogen. Hasilnya adalah perempuan akan merasa lebih nyaman dan sehat ketika menjalani masa-masa menopause.
  • Mencegah osteoporosis. Susu kedelai tidak kalah dengan susu sapi yang bisa menurunkan resiko osteoporosis. Karena kandungan fitoestrogen yang ada di dalam susu kedelai bisa membantu mempercepat proses penyerapan kalsium oleh tubuh dan membantu mencegah hilangnya masa tulang. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai yang mengandung vitamin D.

Untuk mendapatkan manfaat dari keduanya, susu sapi dan susu kedelai, Anda bisa membuat jadwal mengkonsumsinya secara berselang-seling, misalnya hari ini minum susu kedelai dan besok susu sapi, begitu seterusnya. Selamat menikmati minuman lezat bergizi tinggi, ladies!