Tahapan dalam Kehidupan Pernikahan

23 January 2013 | 09:52

Tahapan di kehidupan pernikahan pasti dilalui oleh semua pasangan menikah. Tahapan di kehidupan pernikahan ini bisa dikatakan sebagai seleksi alam yang akan menempa setiap pasangan menikah apakah sanggup mencapai kebahagiaan atau harus berpisah. Karena menikah bukanlah semata-mata mengucap janji dan komitmen untuk hidup bersama selamanya. Janji dan komitmen tersebut harus dibuktikan dengan menjalankan tahapan-tahapan berikut ini yang tentu saja tidak mudah. Apa saja tahapannya?

Tahapan di kehidupan pernikahan

  • Bulan madu. Tahapan ini dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah. Kebahagiaan sangat melekat erat di tahapan ini. masing-masing pasangan akan mengungkapkan rasa cinta dan bahagianya dengan intim dan hangat. Rasa cinta yang ada juga terungkap secara menggebu-nggebu. Biasanya para pasangan memilih menghabiskan masa bulan madu ini di tempat yang jauh dari hingar bingar kota. Fase ini juga bisa menjadi fase untuk mempererat hubungan dan lebih mengenal pasangan.
  • Menerima. Tahapan di kehidupan pernikahan yang kedua ini merupakan tahapan yang paling menantang di dalam kehidupan pernikahan. Kenapa? Karena di sini Anda dan pasangan akan dihadapkan pada kenyataan bahwa menikah berarti Anda harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangan. Anda harus bisa menerima orang yang baru masuk ke dalam kehidupan Anda. Perubahan ini biasanya akan membuat seseorang merasa kaget dan aneh. Belajar menerima kebiasaan pasangan, penyatuan karakter dan juga persinggungan visi misi biasanya akan muncul pada awal pernikahan. Di dalam tahapan ini juga lah yang akhirnya membuat setiap pasangan sadar bahwa untuk mendapatkan kehidupan pernikahan yang harmonis dan langgeng membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Dan jika bertekad untuk mendapatkan keluarga yang harmonis, mulailah untuk belajar berkomunikasi secara sehat dan juga memahami perbedaan.
  • Mempunyai keluarga baru. Menikah adalah membentuk satu keluarga baru. Di tahapan ini Anda akan mempunyai anak, mengatur keuangan keluarga untuk belanja bulanan, membayar air, listrik dan lainnya. Tantangan yang muncul pada tahapan ini akan mengahadapkan Anda pada banyak tantangan, misalnya kelelahan fisik karena mengatur rumah, bekerja, memasak, mengasuh anak, dan lain sebagainya. Di tahap ini, sangat penting untuk mencari dukungan dari keluarga untuk membantu Anda.
  • Transformasi. Tahapan di kehidupan pernikahan yang keempat ini adalah tahapan dimana Anda dan pasangan sudah mampu melewati beberapa tahapan sebelumnya. Di tahapan ini, Anda sudah mampu untuk menjadi partner yang harmonis dalam mengatur rumah tangga dan juga menerima perbedaan karakter. Dan akhirnya Anda dan pasangan bisa benar-benar menikmati kehidupan pernikahan dan juga beradaptasi dengan kehidupan keluarga baru.
  • Tahapan kesempurnaan. Jika semua tahapan di atas sudah dilalui, maka Anda dan pasangan akan menikmati tahapan romantisme dan keintiman yang paling dalam. Artinya adalah Anda dan pasangan sudah berhasil melalui tahapan tersulit di dalam kehidupan pernikahan dan sekarang sedang dalam tahap kesempurnaan. Masalah memang tetap akan datang, tetapi Anda dan pasangan sudah bisa mengatasinya setiap masalah yang muncul. Teruslah hargai pasangan Anda dan tetap tunjukkan rasa sayang pada pasangan.