Tak Cuma Pedas, Cabai Merah Juga Bikin Kita Lebih Sehat

1 April 2013 | 09:35

Cabai merah dikenal karena tingkat kepedasannya yang membuat kita ketagihan. Tetapi tidak sedikit pula yang kurang cocok dengan pedasnya si cabai merah. Bagi orang Indonesia, kurang lengkap rasanya jika makanan kurang pedas, bukan hanya untuk makanan utama tetapi juga camilan. Itulah sebabnya sambal pasti ada di setiap menu yang dihadirkan sehari-hari. Makanan pedas memang sangat memanjakan lidah, khususnya bagi mereka yang sangat menggemari makanan pedas. Tetapi ternyata si pedas ini tidak hanya bermanfaat untuk memanjakan lidah Anda saja tetapi juga membawa segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Penasaran?

Cabai merah

  • Melawan radang. Cabai merah memang sudah sejak lama dipercaya bisa melawan radang. Karena di dalam cabai merah terdapat kandungan zat kapsaisin yang bisa membantu menghambat neuropeptida yang bisa menyebabkan peradanga. Untuk sekedar informasi, salep atau krim yang mengandung kapsaisin juga banyak digunakan untuk mengobati nyeri sendi atau nyeri rematik.
  • Membantu melegakan pernafasan. Cabai merah akan membantu kita merasa lega ketika sedang flu. Tidak percaya? Cobalah makan makanan pedas pada saat flu, maka rasanya akan sangat melegakan dan segar. Hal ini terjadi karena cabai merah mampu mengurangi rasa sakit. Rasa pedas dan panas yang terkandung di dalam cabai akan merangsang terjadinya sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) yang berfungsi untuk membersihkan hidung yang tersumbat.dengan mengkonsumsi cabai merah, maka lendir yang ada di paru-paru dan hidung akan dibersihkan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Cabai merah mempunyai kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, cabai merah juga mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin B yang membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Misalnya batuk, flu dan pilek, menangkal infeksi saluran hidung, paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kandung kemih.
  • Jantung lebih sehat. Karena cabai merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga menurunkan trigliserida. Selain itu, cabai merah juga bisa melarutkan fibrin, yaitu zat esensial yang berfungsi sebagai pembentukan pembekuan darah. Hal ini akan menyebabkan sistem peredaran darah dan jantung lebih sehat.
  • Menjaga berat badan. Badan seseorang akan menjadi lebih panas ketika mengkonsumsi cabai merah. Hal ini karena cabai merah mempunyai efek termogenik, yaitu memproduksi panas di dalam tubuh. Efek ini sama dengan efek yang ditimbulkan olahraga. Selain itu, proses metabolisme tubuh dan proses pencernaan juga lebih cepat.
  • Perlindungan dari kanker. Cabai merah jika dikonsumsi secara normal bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker prostat, tetapi ingat jangan dikonsumsi terlalu banyak karena bisa meningkatkan resiko kanker perut. Jadi, walaupun mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan hasilnya tidak akan baik.