Tak Perlu Lagi Ada Rasa Gelisah berlebihan

14 April 2014 | 09:00

Menghilangkan rasa gelisah dan cemas memang susah-susah gampang. Menghilangkan rasa gelisah pada orang yang pemikir pastinya akan lebih sulit daripada mereka yang berkarakter cuek. Ketika seseorang sering mengalami kegelisahan atau kecemasan yang berlebihan, maka kemungkinan terjadi depresi lebih besar. Jika Anda adalah satu orang yang sering merasa gelisah, sebaiknya mulai dikurangi saat ini. Merasa kesulitan? Cobalah beberapa langkah ini untuk meringankan rasa gelisah dan cemas yang mendera Anda:

Menghilangkan rasa gelisah

  • Ucapkan apa yang membuat Anda gelisah dan cemas secara berulang-ulang sampai Anda bosan. Misalnya ketika Anda takut dengan balon, cobalah untuk terus-menerus mendekati balon dan katakan pada diri Anda bahwa Anda tidak takut balon. Pada awalnya memang akan terasa panik tetapi lama-kelamaan akan membuat Anda lebih rileks dan akhirnya terbiasa dengan balon. Sama halnya dengan mengatasi kegelisahan dan kecemasan di dalam diri. Anda harus mengatakan pada diri Anda sendiri apa yang Anda pikirkan dan apa yang membuat Anda merasa cemas sampai berulang kali sampai Anda bosan. Dengan begitu, otak akan merespon sehingga kegelisahan dan kecemasan Anda sedikit demi sedikit akan menghilang.
  • Coba alihkan pikiran Anda. Menghilangkan rasa gelisah bisa dilakukan dengan mengalihkan pikiran. Ketika Anda terlalu fokus pada suatu hal, maka otak dan tubuh akan berubah tegang dan menjadi cemas secara berlebihan. Jika ada suatu masalah, jangan langsung dipikirkan terlalu dalam. Coba alihkan pikiran Anda ke solusi yang mungkin bisa Anda terapkan atau ke hal-hal lain yang lebih menyenangkan. Sama halnya ketika Anda menonton film horor. Ketika Anda fokus pada film tersebut, maka Anda akan mudah takut dan terkejut ketika ada adegan tertentu. Nah untuk mengalihkan perhatian, cobalah untuk menggerak-gerakkan jari-jari tangan atau kaki Anda sehingga Anda tidak 100% fokus pada film tersebut. Sehingga ketika ada adegan yang menakutkan atau mengagetkan, Anda juga bersikap biasa dan tidak terlalu terkejut.
  • Yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Cara ini bisa sedikit mengurangi kekhawatiran Anda. coba nikmati setiap alur dengan tegar dan tenang. Anggap saja Anda sedang main film dimana pasti akan ada ending-nya.
  • Pilih waktu tertentu untuk memfokuskan diri Anda untuk menyelesaikan masalah. Misalnya Anda memilih waktu sebelum tidur, sekitar jam 20.00-21.00 untuk mencari solusi dari masalah yang sedang Anda hadapi. Sebelum atau setelah jam tersebut, segera bebaskan pikiran Anda dari segala masalah.
  • Meditasi. Menghilangkan rasa gelisah dengan meditasi memang sudah disarankan oleh banyak pakar, tetapi masih banyak pula orang yang tidak melakukannya dengan berbagai alasan. Padahal cara sederhana ini sangat ampuh untuk relaksasi dan mengatasi kccemasan yang berlebihan. Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Bersamaan dengan ketika menghembuskan nafas, buang juga segala masalah dan kecemasan Anda. Berpikirlah secara logis untuk mencari solusinya. Biasanya kecemasan dan kepanikan yang berlebihan bisa membuat Anda berpikir terlalu jauh. Coba tenangkan diri Anda terlebih dahulu.
  • Kuasai rasa cemas Anda. ketika cemas dan khawatir melanda, biasanya seseorang menjadi lebih sensitif, denyut nadi mengencang dan susah tidur. Jangan sampai Anda membiarkan hal tersebut menguasai diri Anda. Tanamkan dalam diri Anda bahwa bahwa semua masalah bisa Anda atasi dengan baik. Pikiran ini akan membantu Anda menenangkan tubuh dan mencari solusi logis.