Taktik Move-On paling Ampuh = Memaafkan Sang Mantan

21 November 2012 | 09:52

Memaafkan sang mantan awalnya memang terasa berat. Tetapi siapa yang sangka jika memaafkan bisa membawa dampak positif yangs angat dahsyat bagi pelakunya? Memaafkan sang mantan kekasih akan membuat Anda lebih bisa melanjutkan hidup atau move-on dengan lebih mudah. Memang untuk bisa memaafkan tidak semudah yang diucapkan. Anda butuh waktu dan proses. Selebihnya, seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan menemukan satu titik dimana Anda bisa memaafkan dan juga mampu melewatkan masa-masa terpuruk Anda. Nah, ini dia tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih mudah memaafkan sang mantan kekasih.

Memaafkan sang mantan

#1 mengetahui kesalahan Anda sendiri. Walaupun sang mantan menyakiti Anda, tetapi cobalah untuk tidak menyalahkan satu pihak saja. Karena Anda juga pastinya mempunyai kesalahan di dalam hubungan yang pernah Anda jalani. Nah ketika Anda sudah bisa berbicara jujur pada diri sendiri tentang kesalahan Anda dan tidak hanya menyalahkan mantan kekasih, maka ini bisa membuat anda lebih sadar bahwa tidak ada satu orang pun yang sempurna di dunia ini. Dan yang pasti, setiap orang pantas untuk dimaafkan.

Memaafkan sang mantan bisa dilakukan dengan #2, yaitu dengan memaafkan diri sendiri. Nah ini lah yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Sebelum Anda berusaha untuk memaafkan orang lain, cobalah untuk memaafkan diri sendiri. Karena membawa perasaan negative bisa membuat anda terus memikirkan kejelekan sang mantan dan hal itu tentunya tidak akan mengubah keadaan. Tapi hal itu justru bisa membuat Anda kecewa. Cobalah perlahan menerima keadaan, jauhkan pikiran dan perasaan negative dan mulailah dengan memaafkan diri sendiri. Dengan begitu, hidup Anda akan jauh lebih tenang.

#3 tulislah surat. Anda bisa menulis surat atau email kepada sang mantan. Tuliskan semua yang Anda rasakan dan Anda pikirkan apdanya, termasuk alasan mengapa Anda harus memaafkannya dan mengapa Anda belum bisa memberi maaf padanya. Semua uneg-uneg yang Anda pikirkan dan rasakan harus Anda tumpahkan di sana. Tetapi sebelum Anda mengirimkannya, sobeklah surat itu. Karena anda tidak perlu mengirimkannya pada mantan Anda. Setidaknya Anda bisa mengeluarkan uneg0uneg dengan menuliskan perasaan dan Anda akan merasa lebih lega. Hal ini juga bisa memberikan sugesti pada Anda bahwa Anda juga mampu melewati masa-masa terpuruk dan bisa memaafkan sang mantan.

Memaafkan sang mantan dengan cara #4 adalah focus pada diri sendiri. Mengingat-ingat sang mantan hanya akan membuat Anda semakin terpuruk dan sudah move-on. Untuk itulah, Anda harus bisa focus pada diri sendiri Anda. Buatlah daftar apa yang Anda inginkan dan apa tujuan hidup Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa dengan mudah melupakan berbagai kesalahan sang mantan dan akhirnya bisa dengan lebih mudah memaafkannya.

#5 tidak perlu mengumbar kesalahannya ke banyak orang. Dengan curhat ke orang yang plaing dekat dengan anda dan yang mengetahui kepribadian dan sang mantan tentunya akan membuat perasaan anda lebih lega. Tetapi ingat, Anda tidak perlu mengumbar kesalahan sang mantan ke banyak orang. Karena hal ini justru akan membuat Anda mendapatkan komentar negative dan saran negative tentang sang mantan yang nantinya bisa membuat Anda semakin berpikiran negative. Hal ini justru bisa membuat Anda semakin sulit memaafkan si dia.