Tanda Anda Harus Mengencangkan Ikat Pinggang

30 April 2014 | 09:18

Pengeluaran berlebihan tentunya hanya akan membuat neraca keuangan Anda mengalami minus. Pengeluaran berlebihan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus menghilangkan, minimal mengurangi kebiasaan ini. Kadangkala apa yang kita keluarkan tidak tampak atau bahkan kita sendiri tidak tahu kapan dan untuk apa kita mengeluarkan uang. Catatan pengeluaran setiap hari sangat penting untuk mengetahui cash flow kita. Jika Anda terlalu malas untuk membuat catatan, sekarang ini sudah banyak aplikasi di smartphone untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda keluarkan di satu hari dan pemasukan yang Anda dapatkan setiap bulan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol aliran uang agar tidak berlebihan.

Pengeluaran berlebihanNah, coba lihat apakah sekarang Anda termasuk orang yang mempunyai pengeluaran yang berlebihan? Berikut ini ciri pengeluaran Anda harus dikontrol lebih ketat lagi:

  • Apakah Anda sering pinjam uang? Pengeluaran berlebihan bisa dilihat apakah Anda sering meminjam uang pada teman atau keluarga. Anda punya pemasukan dan ketika dihitung, pemasukan Anda cukup untuk mencukupi kebutuhan selama satu bulan, termasuk kebutuhan tersier dan sekunder. Lantas kenapa Anda masih sering berhutang? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda mengatur keuangan Anda. Cara mengetahui apa yang salah adalah dengan melakukan pencatatan setiap hari apa yang keluar-masuk. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan mana yang harus diperbaiki dan mana yang sudah tepat.
  • Menggunakan credit card sampai batas maksimum. Jika Anda melakukan ini, berarti pengeluaran yang Anda keluarkan terlalu banyak. Memang tidak terasa berat jika setiap bulan Anda mampu membayar tagihannya, tetapi bagaimana jika tidak? Utang Anda akan semakin menumpuk da hidup pun menjadi tidak tenang.
  • Tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Ini adalah rumus yang sangat sederhana tetapi sangat sulit untuk dipraktekkan bagi sebagian besar. Nah Anda juga harus menerapkan rumus ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Ada baiknya sebelum Anda belanja, Anda membuat daftar belanjaan yang harus Anda beli sesuai kebutuhan. Dan ketika sudah sampai di supermarket Anda tertarik untuk membeli barang yang tidak ada di dalam daftar, segera tinggalkan.
  • Terlalu banyak yang tidak terpakai menumpuk di rumah. Jika hal ini terjadi pada Anda, berarti Anda harus muai mengurangi membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

Tidak mempunyai tabungan. Tanda pengeluaran berlebihan yang terakhir adalah Anda tidak mempunyai tabungan dan dana darurat. Padahal kedua dana ini wajib dimiliki untuk hidup yang lebih baik di masa depan. Karena kita tidak tahu apa yang menanti di depan sana, maka tabungan dan dana wajib adalah cara tepat untuk menghadapinya. Jadi, jangan hanya memuaskan nafsu sekejap untuk belanja, Anda harus mampu menyisihkan 10% dari pendapatan Anda untuk menabung dan 5% untuk dana darurat. Pisahkan kedua dana ini di awal bulan ketika Anda baru menerima gaji sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk keperluan lain yang tidak penting.