Terlambat Menstruasi? Ini Dia Penyebabnya

1 April 2013 | 09:38
share :
  • Facebook
  • Twitter
  • YahooBuzz

Terlambat menstruasi dialami oleh perempuan karena sebab yang beragam. Jadi, terlambat menstruasi bukanlah sesuatu yang tidak wajar. Berikut ini beberapa penyebab terlambatnya datang bulan:

Terlambat menstruasi

  • Stress. Terkadang stress bisa memicu menstruasi untuk datang lebih cepat atau datang lebih lambat. Karena ketika kita sedang stress, ada banyak sistem tubuh yang mulai terganggu, salah satunya mempengaruhi siklus datang bulan Anda. Jika Anda mengalami stres, sebaiknya mulailah lakukan relaksasi agar tubuh dan sistem yang ada di dalam tubuh lebih rileks dan tenang. Cobalah untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman.
  • Olahraga. Terlambat menstruasi juga bisa dipicu oleh faktor yang satu ini. Ya, ternyata olahraga juga bisa membuat siklus menstruasi Anda terganggu. Banyak atlet perempuan yang mengalami amenorrhea, yaitu kondisi dimana dia tidak mengalami datang bulan selama satu bulan. Jenis olahraga yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Anda adalah jenis olahraga yang cepat dan intens dalam menurunkan berat badan. Jadi jika Anda mengalami penurunan berat badan, maka bisa jadi itu lah yang menjadi penyebab keterlambatan menstruasi Anda.
  • Pengontrol kehamilan. Ada alat pengontrol kehamilan yang memang didesain untuk membuat perempuan tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu 3-4 bulan. Jadi, sebelum Anda menggunakan alat ini, sebaiknya Anda juga mempelajari tentang dampak yang ditimbulkan oleh alat tersebut terhadap tubuh Anda. Jika Anda masih ragu dan belum yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.
  • Hamil. Walaupun tidak semua keterlambatan menstruasi berarti hamil, tetapi selalu ada kemungkinan ini.
  • Masalah kelenjar gondok. Hal ini terjadi ketika terjadi hypothyroidism, yaitu kondisi dimana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup. Ada beberapa gejala yang menyertai hal ini, antara lain konstipasi, sensitive terhadap udara dingin, kenaikan berat badan, kulit kering dan pucat, terlambat menstruasi dan depresi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan cek darah ke dokter karena pengobatannya tidak sulit.
  • Berganti jadwal. Terlambat menstruasi juga bisa disebabkan karena berganti jadwal, yaitu biasanya siklus menstruasinya di awal bulan berubah menjadi akhir bulan, pertengahan bulan, dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena perubahan kebiasaan sehari-hari, misalnya yang tadinya tidur teratur berubah harus sering lembur dan tidur larut, dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang mengalami masalah dengan sering terlambat datang bulan, mungkin salah satu dari penyebab itulah yang menjadi alasannya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan menjalani gaya hidup sehat jika ingin mengembalikan siklus menstruasi Anda ke semula. Selalu jalankan gaya hidup sehat dan teratur agar siklus di dalam tubuh kita juga bisa mengikuti dengan teratur. Salam sehat.