Tinggalkan Obat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2 October 2014 | 09:45

Meningkatkan daya tahan tubuh memang berpengaruh terhadap kinerja tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh yang selama ini dihubungkan dengan mengkonsumsi obat-obatan ternyata tidak selalu tepat. Ketika cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang, banyak orang yang  daya tahan tubuhnya menurun, seperti sering mengantuk, lemah, lesu, flu dan deman. Nah untuk mengatasi dan menghindari menurunnya daya tahan tubuh, Anda harus pastikan bahwa makanan yang Anda asup sudah mencakup nutrisi yang cukup.

Meningkatkan daya tahan tubuhKetika Anda merasa daya tahan tubuh Anda menurun, jangan langsung mengkonsumsi suplemen atau obat penguat daya tahan tubuh. Lakukan saja cara yang alami agar lebih maksimal hasil yang Anda dapatkan. Nah, caranya antara lain:

  • Makan secukupnya. Cobalah untuk selalu mengkonsumsi makanan yang baru dimasak dan yang mudah dicerna. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung produk gandum dan susu olahan secara berlebihan. Mulailah memperbanyak sayur dan buah-buahan seperti lobak, jeruk, apel, paprika dan juga stroberi.
  • Konsumsi teh. Meningkatkan daya tahan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Dengan mengkonsumsi teh yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi, maka daya tahan tubuh juga meningkat. Anda bisa mengkonsumsi teh yang sudah tersedia di pasaran, seperti teh oolong, teh hitam dan teh hijau. Jika Anda ingin berkreasi sendiri, Anda bisa membuat teh herbal sendiri yaitu dengan menambahkan kunyit, jahe dan kayu manis. Anda bisa mengkonsumsi sebanyak 3-4 cangkir teh herbal sehari untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  • Buatlah obat flu dan pilek sendiri, yaitu dengan membuat minuman dari campuran madu dan bubuk kunyit. Keduanya diseduh dengan air hangat dan minumlah selama 2 kali sehari.
  • Hadapi perubahan cuaca dengan minyak almond dan wijen. Karena dua bahan mengandung vitamin E dan antioksidan yang bagus untuk kulit tetapi juga daya tahan tubuh. Jika cuaca sedang tidak bersahabat, minuman yang satu ini bisa menjadi senjata andalan untuk menghalau penyakit flu dan pilek.
  • Rajin berolahraga. Hindari jenis olahraga yang terlalu berat, sebaliknya Anda sebaiknya memilih jenis olahraga yang lebih memprioritaskan peningkatan daya tahan tubuh, seperti yoga, pilates, jalan sehat dan jogging. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, dengan rajin berolahraga juga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih segar dan rileks.
  • Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan beku, makanan olahan dan minuman dingin. Meningkatkan daya tahan tubuh pada saat cuaca sedang tidak menentu sebaiknya mengkonsumsi whole foods dan minuman hangat. Makanan beku seperti smoked beef, sosis, burger dan semacamnya sebaiknya tidak Anda konsumsi ketika cuaca ekstrim. Makanan segar akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan segar.

Salam sehat!