Tips Fokus Liburan tanpa Terganggu Pekerjaan

18 January 2013 | 09:56

Fokus liburan akan membantu kita untuk lebih menikmati hidup. Lalu bagaimana jika kita sulit untuk fokus liburan karena terganggu dengan urusan pekerjaan? Misalnya ketika sedang liburan, Anda malah ditelpon oleh atasan dan ditanya tentang berbagai macam urusan pekerjaan. Nah jika hal ini kerap kali terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mulai mengatur waktu dan jadwal liburan Anda. Sebelum pergi liburan, sebaiknya Anda persiapkan segala sesuatunya agar matang, mulai dari urusan rumah tangga sampai urusan kantor harus sudah beres sebelum Anda liburan.

Fokus liburan

  • Selesaikanlah semua urusan teknis sebelum Anda berlibur. Sebaiknya selesaikan dulu masalah tagihan listrik, air, dan juga semua urusan kantor. Sebelum berangkat, pastikan bahwa semua urusan Anda sudah beres dan Anda bisa benar-benar lepas dari semua tanggung jawab dan rutinitas harian Anda. Jadi, ketika sedang berlibur, Anda akan merasa lebih santai dan puas. Coba bayangkan jika Anda sedang berlibur malah kepikiran berbagai urusan yang belum selesai.
  • Menjauhlah dari jangkauan internet. Fokus liburan adalah saatnya untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bisa menikmati hari libur. Tidak ada pekerjaan atau gangguan urusan rumah tangga. Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda menghindari membahas tentang pekerjaan, urusan rumah tangga atau bahkan nekat membuka email kantor. Hindari semua hal yang membuat Anda stress.
  • Jagalah kondisi badan Anda. Transportasi apapun yang Anda pilih, sebaiknya biasakan bangun dari kursi dan setiap jam lakukanlah peregangan otot selama sekitar 5 menit. Jika Anda mempunyai penyakit serius, sebaiknya Anda juga membawa semua obat yang Anda butuhkan.
  • Pilihlah tempat liburan yang tepat. Fokus liburan berarti mendapatkan atmosfer yang berbeda dari atmosfer Anda sehari-hari. Anda harus memilih tempat yang jauh berbeda dari lokasi tempat tinggal dan juga kantor Anda. Jangan memilih liburan di kota atau di sekitar perkotaan. Karena Anda tidak akan bisa mendapatkan ketenangan yang bagus saat di sana. Sebaiknya Anda memilih tempat liburan seperti area pantai atau pegunungan yang belum banyak dijamah oleh banyak orang. Sinyal ponsel lemah? Jangan kuatir, justru itu bisa menjadi pilihan yang bijak agar tidak diganggu oleh orang lain.

Berlibur mempunyai manfaat yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan hati senang. Jadi setelah liburan, otak, perasaan dan juga tubuh akan kembali segar menghadapi rutinitas yang menguras energy dan pikiran. Jangan sampai ketika Anda ingin berlibur malah justru terjebak macet. Jika Anda berada di sekitar Jakarta, Puncak bukanlah satu-satunya pilihan untuk melepaskan kepenatan. Karena ketika Anda sedang menuju ke sana, kemacetan yang parah justru akan membuat Anda semakin pusing dan stress. Sebaiknya pilihlah lokasi yang lebih aman dari macet.