Tips Mengadakan Pesta Pernikahan dengan Budget Terbatas

1 May 2013 | 09:31

Pesta pernikahan sesuai dengan impian memang pastinya akan sangat menyenangkan. Tapi pesta pernikahan seperti impian tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Lalu bagaimana jika mereka hanya mempunyai dana terbatas untuk melangsungkan pernikahan? Urusan budget atau dana memang seringkali menjadi polemic. Karena terkadang perhitungan yang sudah dilakukan untuk melangsungkan pesta pernikahan malah melebihi batas yang dimiliki. Nah, untuk Anda yang ingin menghemat pesta Anda, berikut triknya:

Pesta pernikahan

  • Hitung ulang jumlah tamu undangan yang akan Anda undang. Karena sejatinya, jumlah tamu undangan akan sangat berpengaruh pada pengeluaran Anda, yaitu meliputi jumlah porsi makanan, jumlah cetak undangan dan jumlah souvenir. Ketika mempertimbangkan siapa yang akan Anda undang, sebaiknya Anda memastikan bahwa mereka benar-benar Anda kenal. Sebaiknya Anda tidak membuang-buang undangan untuk orang-orang yang tidak Anda atau pasangan kenal secara dekat.
  • Prosesi pernikahan. Jika budget Anda dan pasangan memang terbatas, sebaiknya Anda tidak perlu membuat prosesi pernikahan yang panjang, misalnya menggunakan adat Jawa lengkap, dan lain sebagainya. Untuk solusinya, Anda harus memadatkan jadwal pernikahan Anda menjadi satu hari. Misalnya untuk pernikahan adat Jawa, tidak perlu menggunakan acara siraman, dan prosesi lainnya. Cukup akad nikah dan resepsi pada hari yang sama. Hal ini selain bisa menghemat biaya juga akan menghemat tenaga. Sehingga Anda dan pasangan serta keluarga tidak perlu mengeluarkan budget yang besar dan tenaga yang banyak.
  • Pilihlah rekaman musik daripada band. Pesta pernikahan yang tidak mengeluarkan biaya membengkak sebaiknya juga memperhatikan tentang hiburan. Anda bisa menyiasatinya dengan mengumpulkan lagu-lagu kenangan Anda dan pasangan kemudian gunakan pemutar musik untuk mengalunkannya. Jadi, budget untuk hiburan yang perlu Anda keluarkan hanya untuk sound system tanpa harus menyewa sebuah band serta perlengkapannya.
  • Menyewa baju pengantin. Walaupun Anda ingin sekali membeli baju pengantin, tetapi jika budget tidak memungkinkan, sebaiknya Anda tidak memaksakan untuk membeli baju pengantin yang baru. Anda bisa memilih penyewaan busana pengantin yang kredibel. Karena sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa penyewaan busana pengantin sesuai dengan budget Anda dan dengan jenis busana yang beragam, seperti gaun pengantin, kebaya pengantin, dan pakaian adat. Jadi, penampilan Anda pun akan maksimal di hari bersejarah Anda.
  • Tempat pernikahan. Anda tidak perlu memikirkan gengsi untuk mengadakan pesta pernikahan di tempat yang sesuai dengan dana Anda. Misalnya dengan memilih gedung yang jarang disewakan secara komersial, seperti aula di sekitar rumah. Atau Anda juga bisa mengadakan pernikahan di rumah.
  • Foto dan video. Pesta pernikahan dengan budget minim juga bisa disiasati dengan memberdayakan kenalan yang bisa memotret dan merekam gambar. Jadi, Anda tidak perlu menyewa fotografer mahal untuk mendokumentasikan momen berharga Anda. Tetapi Anda juga sebaiknya sudah memastikan kualitas teman Anda tersebut.