Tips Menghindari Anak dari Kebiasaan Konsumsi Junk Food

29 January 2013 | 10:03

Kebiasaan makan pada anak akan berpengaruh besar pada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Kebiasaan makan pada anak bisa disiapkan dan diatur sejak dini. Salah satu jenis makanan yang harus dihindarkan dari jangkauan anak adalah junk food. Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa memberikan makanan sehat dan bergizi pada anak:

Kebiasaan makan pada anak

  • Konsisten. Masukkan sayuran ke dalam menu makanan sang buah hati secara konsisten. Cobalah untuk terus mengolahnya dengan baik. Perhatikan tekstur dan bentuk makanan pada anak. Ciptakan kreasi makanan yang lucu. Karena banyak dari kita yang tidak sadar bahwa salah satu alasan anak tidak menyukai sayuran adalah karena penyajian yang monoton dan tidak mengundang selera. Jika anak sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi sayuran sejak dini, maka kebiasaan ini akan terbawa sampai dia dewasa nanti.
  • Jadilah panutan bagi sang buah hati. Kebiasaan makan pada anak bisa diterapkan asalkan Anda mampu menjadi panutan yang baik. Karena mereka akan lebih mudah melakukannya sendiri jika Anda mencontohkannya secara langsung. Mulailah dari Anda snediri untuk selalu mengkonsumsi dan mengatur pola makan sehat. Untuk konsumsi keluarga, jangan pernah absen untuk menyediakan makanan sehat dan bergizi.
  • Ajaklah sang buah hati berbelanja. Karena dengan mengajaknya berbelanja, Anda akan lebih mudah menyiapkan makanan yang memang dia inginkan. Cobalah untuk membiarkan si kecil memilih sendiri sayuran mana yang ingin dia makan. Selain itu, ikutkan sang buah hati dalam menyiapkan makanan untuk keluarga.
  • Sarapan. Kebiasaan makan pada anak yang juga harus diperhatikan adalah sarapan. Ya, sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati Anda. Siapkan makanan yang bergizi untuk sarapan, seperti sereal, roti selai dan juga buah pisang. Bahkan riset pernah membuktikan bahwa anak yang mengkonsumsi sarapan akan mempunyai berat tubuh yang lebih ideal daripada mereka yang tidak.
  • Hindari frozen foods. Misalnya French fries, nugget atau sosi siap saji sebaiknya dihindari untuk sang buah hati Anda. Karena makanan beku sebenarnya tidak mempunyai kandungan gizi apapun. Untuk menggantinya, sebaiknya Anda menyajikan sayuran segar, buah atau makanan yang Anda olah sendiri.
  • Bentuk dengan menarik. Bentuklah makanan untuk anak Anda semenarik mungkin. Misalnya menyiapkan makanan dengan bentuk bunga, hewan atau bentuk-bentuk sederhana seperti hati dan segitiga. Untuk hiasan, Anda bisa memilih biji-bijian seperti jagung manis.
  • Olah bersama dengan makanan lain. Misalnya sang buah hati Anda termasuk pemilih dan seringkali menyingkirkan makanan yang tidak disukainya, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan mengolah bersama dengan makanan lain. Olahlah makanan yang tidak dia senangi dengan makanan yang dia sukai. Misalnya nasi goring kacang polong, mengolah wortel untuk isian di dalam macaroni, dan lain sebagainya.