Tips Menghindari Resiko Keguguran Ketika Hamil Muda

1 April 2013 | 09:39

Resiko keguguran masih menghantui para Ibu di Indonesia yang mempunyai aktivitas segunung. Resiko keguguran biasanya terjadi pada kehamilan di usia yang masih muda. Keguguran bisa mengancam karena berbagai macam hal, mulai dari stress sampai pengaruh lifestyle. Ketika makin banyak Ibu-Ibu muda yang mempunyai banyak aktivitas, seperti entrepreneur dan pekerja kantor, biasanya mempunyai tingkat stress yang lebih tinggi daripada Ibu-Ibu yang hanya beraktivitas di rumah. Jika Anda adalah salah satu yang sedang mengandung di trimester pertama, penting bagi Anda untuk selalu menjaga dan melindungi calon bayi Anda dari resiko keguguran. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk kesehatan kandungan Anda:

Resiko keguguran

  • Hindari makanan yang mengandung keju. Bagi Anda yang hamil di trimester pertama, makanan yang mengandung keju sangat berbahaya jika dikonsumsi. Karena keju bisa menyebabkan keracunan dan juga keguguran mendadak. Sebaiknya ketika mengetahui Anda sedang hamil, berhati-hatilah terhadap setiap makanan yang mengandung keju.
  • Travelling yang melelahkan. Resiko keguguran juga bisa terjadi pada tubuh yang terlalu lelah. Salah satu penyebab tubuh menjadi lelah adalah perjalanan jauh. Karena tubuh yang mengalami kelelahan akan mempengaruhi kondisi janin. Janin pada awal kehamilan masih dalam kondisi yang tidak terlalu kuat dan lemah. Ketika sedang travelling, kita tidak mungkin bisa selalu menghindari kondisi jalan yang jelek, misalnya lubang di tengah jalan atau polisi tidur yang terlalu tinggi yang akhirnya menyebabkan guncangan terlalu keras. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya urungkan dulu acara travelling, walaupun bersama suami.
  • Makanan yang diawetkan. Karena makanan yang diawetkan mengandung zat pengawet yang berbahaya bagi perkembangan janin. Ketika mengkonsumsi makanan yang diawetkan mungkin Anda tidak merasakan adanya perpedaan pada perut Anda, tetapi perkembangan janin bisa terganggu karena adanya zat tersebut.
  • Mengkonsumsi kafein terlalu banyak. Resiko keguguran juga bisa dipengaruhi oleh jumlah asupan kafein di dalam tubuh. Jika sebelum hamil Anda adalah pecandu kopi, maka sebaiknya mulai Anda hindari ketika sedang hamil. Anda bisa menggantinya dengan jus buah segar yang lebih sehat untuk Anda dan janin yang sedang Anda kandung. Karena di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang tinggi yang bisa menyebabkan keguguran.

Relaksasi. Ketika hamil dan menghadapi semua perubahan semenjak mengandung, Anda pun butuh relaksasi untuk menghilangkan stress dan membuat badan lebih santai dan rileks. Anda bisa mengikuti senam kehamilan atau melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari sambil menikmati keindahan alam dan tanaman hijau. Cara ini selain menyehatkan juga bisa membuat Anda lebih menikmati masa kehamilan Anda, sehingga janin yang ada di dalam perut Anda akan tumbuh lebih kuat dan sehat.