Trik untuk Pemula: Dapatkan Hasil Makeup yang Sempurna dan Halus

18 September 2014 | 09:42

Hasil makeup yang sempurna mampu mengubah penampilan seseorang. Tetapi hasil makeup yang sempurna saat ini belum banyak dikuasai oleh para wanita secara luas, terlebih untuk para pemula. Sekilas memang terkesan sulit untuk bisa mengaplikasikan berbagai warna ke wajah kita. Anda tidak harus menjadi makeup artist untuk bisa tampil maksimal. Nah berikut ini trik yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik diri dengan bantuan makeup:

Hasil makeup yang sempurna

  • Pelajari cara untuk menyamarkan wajah yang berjerawat. Pertama, Anda harus mempunyai foundation dengan warna yang setingkat kebih gelap dari warna wajah Anda atau minimal satu warna dengan tone kulit wajah Anda. Hal ini bisa membuat tampilan kulit wajah yang halus dan mulus secara natural. Untuk pemakaian bedak, Anda bisa memilih bedak yang warnanya satu tingkat kebih terang daripada warna kulit Anda.
  • Ciptakan kesan lebih “terbuka” pada mata sipit. Hasil makeup yang sempurna juga bisa didapatkan dengan menyamarkan riasan mata, terutama jika Anda memang ingin menonjolkan riasan mata. Untuk Anda yang mempunyai bentuk mata kecil atau sipit, cobalah mengaplikasikan eyeliner dan eye shadow berwarna gelap untuk memberikan kesan “terbuka” pada mata. Caranya, tarik garis eyeliner melebihi sudut luar mata Anda, kemudian buat bentuk cat eyes atau wing ke arah atas. Untuk eyeliner di bawah mata, aplikasikan di sudut luar bagian bawah mata (hanya di bagian ujung). Kemudian untuk eyeshadow, warna-warna gelap bisa Anda aplikasikan sepanjang garis mata sampai kelopak mata. Untuk lebih menonjolkan bentuk mata, Anda bisa membentuk shading di sudut mata dengan eye shadow warna gelap tadi.
  • Ratakan blush on. Untuk pemula, blush on jenis bubuk sangat disarankan karena lebih mudah digunakan. Selain itu, pilihlah kuas yang besar. Cara pengaplikasiannya adalah pulas blush on dari tulang pipi mengarah ke dalam yaitu mengarah ke apple of the cheek (bagian pipi yang akan terlihat menonjol saat tersenyum). Alasan membubuhkan blush on dari luar ke bagian dalam adalah untuk membuat warnanya lebih merata sehingga pipi akan terlihat merona alami dan cantik. Sebaliknya, jika membubuhkan blush on dari dalam ke luar justru menimbulkan efek berlebihan di apple of cheek sehingga warnanya tidak merata ataupun alami.
  • Menciptakan alis yang cantik alami. Pensil alis masih menjadi andalan untuk membentuk dan mempertegas alis. Alis yang digambar dengan benar tidak melebihi sudut mata bagian luar. Sedangkan untuk bagian dalam alis, Anda bisa mengukurnya dengan ujung pensil atau kuas kemudian tarik dari tulang hidung ke sudut mata bagian dalam. Dari garis inilah Anda bisa menggambar alis. Jika Anda ingin mendapatkan hasil alis yang tebal dan terlihat alami, Anda bisa mengkombinasikan pensil alis dengan yang berbentuk bubuk/ powder eye brow. Manfaat pensil alis adalah untuk membentuk lekukan alis sedangkan powder eye brow untuk mengarsir alis bagian dalam. Untuk membaurkannya, Anda bisa menggunakan jari tangan atau sikat khusus.

Menciptakan hasil eyeliner yang halus dan alami. Hasil makeup yang sempurna juga dipengaruhi oleh tampilan yang smooth dan natural. Cara mengaplikasikan eyeliner agar tidak belepotan adalah dengan cara menarik sudut mata dengan jari tangan. Kemudian aplikasikan eyeliner di sepanjang garis mata.