Turunkan Tensi dengan Minuman Ini

16 January 2013 | 09:57

Menurunkan tensi darah atau tekanan darah tinggi (hipertensi) akan mencegah kita dari penyakit yang lebih berbahaya lagi di depannya. Menurunkan tensi tetap bisa dilakukan walaupun tensi darah dipengaruhi oleh 2 faktor resiko, yaitu riwayat penyakit di keluarga (factor genetika) dan juga usia. Ada factor lain yang bisa memberikan pilihan yang lebih cerdas, misalnya dengan mengurangi asupan natrium, aktif secara fisik dan juga mengkonsumsi menu sehat dan seimbang. Selain itu, ternyata resiko hipertensi juga bisa diturunkan dengan meminum minuman alami yang dikombinasikan dengan olahraga teratur dan diet sehat. Lalu apa saja minuman alami yang dimaksud?

Menurunkan tensi

  • The bunga rosella. Bunga rosella (hibiscus) cara kerjanya seperti jus delima, yaitu kandungan phytochemical bioaktif yang berfungsi sebagai inhibitor ACE alami. The rosella sangat efektif untuk menurunkan hipertensi sama seperti kaptopril. Konsumsilah tiga cangkir teh rosella sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  • Jus delima. ACE merupakan enzim yang bisa meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut dengan angiotensin II yang akan mengakibatkan pengerutan pembuluh darah. Jadi, jus delima ini berfungsi sebagai inhibitor ACE alami sama seperti obat untuk mengobati gagal jantung dan hipertensi. Minumlah sebanyak 177 mililiter jus delima setiap hari untuk hasil yang maksimal.
  • Jus cranberry. Menurunkan tensi dengan jus ini juga sangat berkhasiat untuk menurunkan hipertensi. Jus cranberry mempunyai sifat antioksidan dan juga anti-inflamasi yang kuat yang bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah kerusakan di dalam pembuluh darah yang nantinya akan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah. And abisa mengkonsumsi jus ini setiap hari.
  • Susu rendah lemak. Karena kekurangan kalsium seringkali dikaitakn dengan tekanan darah tinggi. Tetapi untuk mengasup kalsium juga tetap harus memperhatikan susu mana yang tepat dengan hasil yang terbaik. Jadi, pilihlah susu rendah lemak karena dengan jumlah lemak yang sederhana bisa membantu Anda untuk bisa menyerap kalsium dengan lebih mudah. Konsumsi 3 porsi susu rendah lemak setiap hari.
  • Jus bit. Menurunkan tensi dengan jus bit terjadi karena buah bit adalah sumber folat dan potassium dimana dua zat ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, buah bit juga mengandung nitrat yang berubah menjadi nitrit ketika diserap oleh tubuh. Fungsi nitrit adalah untuk membantu melawan homosistein dan memelihara kesehatan fungsi pembuluh darah. Konsumsilah 1 atau 2 cangkir jus bit setiap hari.
  • Air putih. Air putih adalah obat yang murah, sederhana dan sehat untuk menurunkan tekanan darah. Dehidrasi kronis bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi mengkerut yang akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras dan akhirnya terjadi lonjakan tekanan darah. Untuk konsumsi air putih setiap hari, bisa disesuaikan dengan berat badan Anda. Caranya: berat badan dibagi 2 (dalam bentuk ounce). Misalnya seseorang mempunyai berat badan 150 pound (68 kg) maka harus mengkonsumsi air putih sebanyak 75 ounce (2 liter) setiap hari.