Usia Bertambah juga Membawa Manfaat Kesehatan Lho

14 March 2013 | 09:50

Usia bertambah terkadang membuat sebagian besar orang merasa tertekan dan tidak bahagia. Usia bertambah mereka artikan sebagai penampilan yang tidak menarik lagi dan sakit-sakitan. Apakah benar begitu? Ternyata ladies, bertambah dewasa dalam arti usia tidak selalu identic dengan hal-hal yang perlu kita kuatirkan secara berlebihan. Karena ternyata seiring dengan bertambahnya usia, ada keuntungan di bidang kesehatan yang bisa kita dapatkan. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, pola pikir dan sikapnya pun akan semakin matang dan mulai mampu menghindari hal-hal yang bisa memicu stress. Jadi, mereka akan lebih bahagia dan kualitas hidupnya akan lebih meningkat, dibandingkan jika mereka masih muda. Lalu apa keuntungan kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan bertambahnya usia?

Usia bertambah

  • Lebih jarang terserang flu. Usia bertambah akan membuat Anda lebih jarang terserang flu jika dibandingkan dengan ketika Anda masih anak-anak atau remaja. Memang sistem kekebalan tubuh akan semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia, tetapi tubuh justru lebih kuat dalam melawan infeksi. Hal ini terjadi pada usia 30 sampai 40 tahun. Karena semakin lama, tubuh akan menyimpan lebih banyak antibody yang berbeda. Nah bertahun-tahun kemudian ketika Anda terserang virus flu serupa, maka antibody tersebut sudah bisa difungsikan sebagai alat ampuh untuk mencegah terulangnya virus flu tersebut.
  • Stamina yang lebih prima. Berdasarkan sebuah penelitian, tubuh perempuan mencapai puncak kebugarannya pada usia 35 tahun. Pada usia ini, perempuan tersebut mampu mempertahankan penggunaan bahan bakar tubuh, khususnya lemak, secara lebih efisien. Jadi, jangan heran lagi jika banyak atlet marathon yang masih mampu meraih kesuksesan walaupun usianya sudah tidak muda lagi. Hal ini karena mental yang dimiliki lebih sehat di usia tua sehingga bisa membuat stamina tubuh lebih prima.
  • Kepuasan seksual yang tinggi. Di usia 40 tahunan terjadi pergeseran keseimbangan hormon yang akan meningkatkan gairah seksual dan juga kemampuan untuk orgasme. Selain itu, kepercayaan terhadap pasangan akan semakin meningkat dan akan memperoleh kepuasan yang membuat rasa nyaman saat berhubungan seks.
  • Perawatan kulit mulai berkurang. Walaupun mulai muncul kerutan dan keriput di kulit, tetapi jika dibandingkan pada saat masih muda, jenis perawatan yang Anda lakukan akan semakin sedikit jumlahnya. Karena seiring dengan bertambahnya usia, kulit kepala akan memproduksi lebih sedikit minyak, jadi rambut tidak mudah kotor.
  • Tingkat stress menurun. Usia bertambah dibarengi dengan tingkat stress yang menurun. Karena di usia tua, seseorang sudah merasa lebih bahagia karena lepas dari tanggungan merawat anak yang sudah tumbuh menjadi dewasa. Di usia ini juga mereka akan lebih percaya pada pasangan.
  • Peningkatan kemampuan mental. Walaupun semakin tua semakin mudah lupa, tetapi peningkatan kemampuan mental justru terjadi pada saat usia paruh baya. Hal ini biasa disebut dengan ‘neuroplastisitas’, yaitu kemampuan untuk mempelajari tentang kehidupan berdasarkan pengalaman yang dimilikinya.