Waktu Penyimpanan Sayuran juga Bisa Disiasati Lho

23 September 2014 | 02:02

Waktu penyimpanan sayuran memang terbatas dan kemampuan sayuran satu dan yang lainnya berbeda. Tetapi ternyata waktu penyimpanan sayuranjuga bisa disiasati lho. Anda bisa menyimpan sayuran sedikit lebih lama daripada biasanya asalkan Anda tahu bagaimana cara menyiasatinya, yaitu:

Waktu penyimpanan sayuran

  • Pisahkan sayuran berdasarkan masing-masing jenisnya. Setelah Anda berbelanja, sebaiknya langsung pisahkan masing-masing jenis sayuran. Masing-masing jenis ditata di laci sayuran secara teratur agar tidak saling tumpang tindih dan menimbulkan kemungkinan membusuk lebih cepat.
  • Perhatikan cara Anda mencuci sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang tidak perlu dicuci, seperti bawang dan kentang. Sayuran umbi akar seperti ini jika dicuci justru akan semakin cepat membusuk. Kemudian untuk sayuran hijau, sebaiknya Anda mencucinya dengan air dingin. jika Anda ingin menyimpannya dan tidak buru-buru akan diolah, Anda harus mengeringkannya dan menyimpannya secara terpisah dari sayuran jenis lain dan sayuran yang masih kotor. Karena jika Anda tidak mengeringkan sayuran yang sudah Anda cuci bisa membuatnya busuk lebih cepat.
  • Simpanlah sayuran secara terpisah. Waktu penyimpanan sayuran bisa ditambah jika Anda menyimpan sayuran dalam wadah yang terpisah. Jangan campur penyimpanan sayur dan buah di rak yang sama. Alasannya adalah agar keduanya tidak saling mempengaruhi kesegaran masing-masing. Karena sejatinya buah mengandung gas etilen yaitu senyawa gas yang bisa mempercepat pembusukan atau pematangan. Sehingga jika sayuran diletakkan secara berdekatan dengan buah bisa menjadi mudah busuk dan daya simpannya akan lebih sebentar.

Waktu penyimpanan sayuran memang biasanya menjadi masalah bagi Working Mom atau Ibu bekerja. Biasanya demi kepraktisan dan kemudahan, mereka tidak bisa berbelanja setiap hari. Mereka lebih nyaman berbelanja setiap minggu untuk memasak selama satu minggu tersebut. Hal inilah yang membuat waktu penyimpanan benar-benar harus disiasati agar tidak ada sayuran atau buah-buahan yang busuk sebelum diolah atau dikonsumsi. Sebenarnya tidak masalah apakah Anda brbelanja sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional maupun di supermarket. Asalkan cara penyimpanan Anda baik dan benar, maka daya simpan sayuran dan buah-buahan yang Anda beli akan lebih lama.

Selain sayur dan buah juga ada daging dan ikan yang harus benar cara penyimpanannya. Jika Anda memang berniat untuk mengolah daging dalam beberapa tahapan, sebaiknya Anda memisahkan setiap porsi masak dan menaruk setiap porsinya di freezer. Jadi ketika Anda ingin memasak menggunakan daging, Anda tinggal mengambil satu porsi yang sudah Anda pisahkan tanpa mengganggu porsi lain yang ditujukan untuk olahan berikutnya. Cara ini juga lebih efektif karena jika kita beberapa kali mencairkan dan membekukan daging (jika ditempatkan salam satu wadah) maka daging akan lebih cepat busuk.