Waspadai Gejala Penyakit yang Ada di Mulut

7 November 2014 | 09:47

Gejala penyakit yang ada di mulut meliputi gigi, gusi dan juga jaringan di sekitarnya. Gejala penyakit yang ada di mulut bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres di bagian tubuh Anda yang lain. Itulah alasan mengapa kita semua disarankan untuk rutin ke dokter gigi. Karena masalah penyakit di area mulut juga akhirnya akan berhubungan dengan bagian tubuh yang lain. Nah berikut ini ada beberapa gejala yang tapaknya ringan tetapi Anda harus hati- hati dan waspada, antara lain:

Gejala penyakit yang ada di mulut

  • Berlebihan menggunakan obat bisa menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Jenis obat yang dimaksud antara lain obat larutan kumur (yang digunakan untuk mengobati penyakit gusi), dan juga obat- obatan untuk penyakit tekanan darah tinggi. Nah untuk mengembalikan warna asli gigi yaitu dengan menggunakan pasta gigi whitening. Karena pasta gigi ini mampu menghapus noda di permukaan gigi.
  • Kebiasaan sering menggertakkan gigi Anda (bruxism) pada malam hari merupakan tanda bahwa Anda sedang stres. Gejala penyakit yang ada di mulut yang satu ini menandakan ada yangsalah dengan emosional ataupun psikologis Anda. Gejala ini juga mempunyai beberapa efek samping, yaitu sakit kepala dan rahang sakit.
  • Kondisi mulut kering. Biasanya mulut kering sering dikaitkan dengan akibat merokok, minum alkohol dan dehidrasi. Padahal selain itu, ada gejala lain yang harus diwaspadai, yaitu kurangnya air liur merupakan tanda bahwa ada gejala diabetes. Jadi jika mulut Anda sering kering padahal Anda tidak minum alkohol, merokok maupun dehidrasi, maka segera periksakan ke dokter.
  • Jika terdapat luka di mulut tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu satu sampai dua minggu, maka sebaiknya Anda segera kunjungi dokter. Karena sistem kekebalan tubuh akan langsung bekerja begitu ada luka di tubuh, tetapi tidak kunjung sembuh maka ada yang salah di dalam tubuh.
  • Saat menyikat gigi, gusi selalu berdarah. Hal ini bisa menandakan ada penyakit yang melanda di area mulut, dan yang paling sering terjadi adalah radang gusi. Gejala penyakit yang ada di mulut yang satu ini akan semakin parah jika tidak diobati, yaitu bisa menjadi periodontitis yang bisa menjadi infeksi jaringan dan juga tulang. Jika hal ini menjadi parah, tulang rahang akan membusuk dan ruang- ruang kecil yang terdapat diantara gigi dan gusi membuka yang akhirnya menyebabkan gigi rontok. Untuk menghindarinya, gosoklah gigi secara teratur.

Jika Anda sudah menggosok gigi dan lidah secara teratur serta menggunakan penyegar nafas, tetapi masih bau mulut maka terdapat penyakit lain yang terdapat di dalam tubuh. Misalnya gangguan pencernaan, gangguan lambung dan juga penyakit hati. Jika Anda merasakan gejala yang satu ini, maka segeralah periksakan ke dokter, terutama jika hal ini terjadi secara terus- menerus.