Perhatikan Kesehatan Anda! Perhatikan Kulkas Anda!

25 November 2014 | 09:57

Memperhatikan kesehatan ternyata bisa dimulai dengan memperhatikan asupan makanan dan tempat penyimpanan, yaitu kulkas. Memperhatikan kesehatan Anda dan keluarga memang berawal dari makanan yang berkualitas. Tetapi yang masih sering dilupakan dan tidak diindahkan oleh masyarakat adalah mereka sering membiarkan bahan pangan rusak dan bahkan membusuk di kulkas saking lamanya didiamkan di dalam kulkas. Padahal dengan bahan pangan yang baik, Anda bisa memberikan masakan yang berkualitas untuk keluarga Anda.

Memperhatikan kesehatanNah untuk merawat isi kulkas Anda, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Buang makanan sisa. Bukan hal baru bagi masyarakat jika mereka selalu menyimpan makanan sisa di dalam kulkas. Mereka berpikir makanan tersebut bisa dikonsumsi lagi nanti atau besok. Padahal makanan sisa bisa membuat bahan pangan lain tercemar. Makanan sisa bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga kualitas makanan baru akan tercemar.
  • Bersihkan isi kulkas secara teratur. Memperhatikan kesehatan dimulai dari dapur dan kulkas Anda. Dengan secara teratur membersihkan kulkas, maka selain menjaga kualitas makanan yang ada di dalamnya, Anda juga bisa membuat tampilan kulkas Anda tetap bersih dan menarik. Sehingga kulkas Anda juga lebih bersih, segar dan lebih tahan lama. Satu hari dalam seminggu, cobalah untuk meluangkan waktu untuk membersihkan isi kulkas Anda dan mengeluarkan semua aroma yang tidak sedap dari dalam kulkas. Caranya adalah dengan mematikan kulkas, keluarkan semua bahan makanan yang ada di dalamnya dan bersihkan setiap rak dan noda yang ada di dalamnya. Anda bisa menjadwalkan pembersihan ini setiap satu bulan sekali.
  • Manfaatkan kontainer. Kontainer berfungsi untuk menata bahan makanan dengan lebih rapi dan bersih. Masalah yang ada pada kulkas biasanya adalah bahan makanan yang berserakan di dalam kulkas. Anda bisa membeli kontainer dalam berbagai ukuran untuk memisahkan masing- masing bahan makanan Anda. Dengan pemisahan ini, maka bahan makanan Anda akan lebih awet dan segar serta kulkas Anda juga lebih bersih.
  • Berilah label. Memperhatikan kesehatan pada makanan tentu saja harus tahu makanan tersebut kapan harus dikonsumsi sebelum masuk masa kadaluarsanya. Selain itu, untuk menghemat waktu ketika mencari bahan makanan tertentu, Anda bisa memberikan label pada setiap kontainer tentang informasi apa yang ada di dalam kontainer tersebut. Agar lebih cantik, manfaatkan alat tulis berwarna.
  • Aturlah temperatur kulkas. Temperatur kulkas juga bisa menimbulkan masalah. Temperatur kulkas yang terlalu hangat bisa merusak bahan makanan di dalamnya. Sedangkan temperatur yang terlalu dingin juga bisa membuat Anda tidak nyaman ketika ingin memasak atau mengkonsumsinya.

Yuk mari kita mulai dengan kulkas kita untuk memberikan hidangan yang sehat dan berkualitas untuk keluarga tercinta.